Tim Prodi Teknik Mesin Politeknik Jambi Juara I Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG)

 

Tim Politeknik berhasil menjadi juara 1 lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diselenggarakan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi, Selasa 25/9/2018. Basriyadi dan Boby Gunawan Marbun mahasiswa semester III Prodi Teknik Mesin berhasil mempresentasikan dengan apik dan meyakinkan juri bahwa Mesin Pengurai Sabut Kelapa Portable buatan mereka sangat bermanfaat dan tepat guna untuk dikembangkan di provinsi Jambi.

Dengan bahan baku limbah sabut kelapa yang berlimpah di provinsi Jambi, maka alat ini dapat dimanfaatkan oleh petani kelapa untuk mengolah sabut kelapa menjadi produk berupa serat sabut kelapa (cocofiber) maupun serbuk sabut kelapa (cocopeat). Coco fiber dapat dimanfaatkan antara lain sebagai bahan baku industri karpet, jok, dashboard kendaraan, kasur  dan hardboard sedangkan coco peat dapat dimanfaatkan sebagai sebagai media tanaman holtikultura.

 


Lomba Teknologi Tepat Guna ini adalah merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan Balitbangda Provinsi Jambi dirangkai dengan final lomba karya tulis ilmiah (KTI) dan teknologi tepat guna (TTG) tingkat Provinsi Jambi dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke 23 tahun 2018. Lomba ini menampilkan peserta yang antara lain terdiri dari umum, sekolah lanjutan atas dan Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Jambi.